Pengalaman
Pengalaman mencoba FLIP Layanan Transfer Gratis Bebas Biaya Antar Bank

Pernah mendengar istilah Rekber? Yup, itu sebuah singkatan yang kepanjangannya “rekening bersama”. Penulis sendiri cukup lama mendengar istilah tsb dan pernah juga menggunakannya. Jika diceritakan awal pertama kenal dengan Rekber itu sendiri. Saat penulis ingin membeli suatu produk di forum terbesar di Indonesia, yaitu “Kaskus”. Iya dong, penulis juga seorang Kaskuser (istilah sebutan bagi anggota member grup tersebut).

Nah, seiring perjalanan waktu banyak juga bermunculan beberapa jasa penyedia Rekber. Rekber sendiri sebagai pemahaman adalah ketika calon pembeli (misalnya ingin melakukan transaksi pembelian via transfer) kepada penjual. Mudahnya calon pembeli pihak pertama dan penjual adalah pihak kedua. Kemudian dikarenakan terkadang

terdapat penyalahgunaan atau oknum yang tidak bertanggungjawab saat melakukan transaksi, maka munculah jawaban sebagai solusi untuk perantara pihak pertama dan pihak kedua dengan adanya pihak ketiga, yakni jasa Rekber itu sendiri. Jadi disini Calon pembeli akan mengirim sejumlah dananya yang disepakati antara penjual dan pembeli kepada pihak Rekber, sehingga ketika produk atau paket yang dibeli sudah diterima pembeli, maka selanjutnya proses dana yang berada di Rekber dapat diteruskan kepada penjual.

Oh, iya kembali lagi ke judul tulisan yang akan penulis bahas kali ini. Kenapa sebelumnya penulis bercerita tentang pengalaman mengenal Rekber. Belum lama ini Penulis mengetahui adanya suatu layanan baru yang berupa aplikasi berbasis web dan dapat melakukan transaksi transfer online antar bank (saat ini baru beberapa bank yang terdaftar, untuk lengkapnya bisa klik disini). Berdasarkan rasa tertarik itulah, maka munculah niatan penulis untuk mencoba membahas dan menceritakan sedikit pengalaman penulis saat telah mencoba layanan Flip.

Berdasarkan apa yang penulis baca dari FAQ Flip disitusnya ( https://flip.id/faq ) dapat diketahui bahwa;

“Flip adalah aplikasi untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya. Flip saat ini dapat diakses via website. Versi mobile application Flip sedang dalam pengembangan.”

Jadi, seperti yang penulis tuliskan di Judul tulisan ini, bahwa Flip memang sebuah aplikasi untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya.

Catatan penulis, memang tidak ada biaya, yang dibutuhkan hanya kode unik (mungkin Anda yang biasa melakukan transaksi belanja online sudah tidak asing mendengarnya). Yup, kode unik sendiri rata-rata digunakan untuk kemudahan dalam verifikasi online  yang akan terbaca secara otomatis, bahwa kode unik tersebut mewakili transaksi tiap orang.

Pada layanan Flip sendiri, kode unik akan menjadi Deposit yang bisa dicairkan kembali. Tentu ada pertanyaan berapa atau kapan dana didalam deposit bisa dicairkan?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis mengacu pada FAQ yang penulis kutip, yakni;

“15. Bagaimana cara mencairkan deposit?
Kakak dapat mencairkan deposit setelah minimal nominal Rp10.000. Selanjutnya, Kakak dapat menghubungi Customer Friend Flip via Email atau chat untuk mengajukan pencairan deposit.”

flip_deposit

saldo deposit yang tersimpan

Langkah memulai menggunakan layanan Flip

Sebelum menggunakan layanan Flip, penulis ingin memberitahukan cara kerja Flip itu sendiri.

Berikut penjelasan yang juga penulis kutip dan tertulis pada web Flip, yakni dibagian FAQ (https://flip.id/faq)

7. Bagaimana cara kerja Flip?
Jadi Flip bekerja sebagai jembatan transaksi interbank. Jadi Kakak perlu melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan bank yang Kakak miliki, baru kemudian kami dapat meneruskan uang Kakak ke rekening tujuan Kakak. Penjelasan detail mengenai cara kerja Flip dapat Kakak lihat di flip.id/how

“11. Kapan ya jam layanan Flip?
Jam operasional kami dari hari Senin-Jumat pukul 09.00-16.30 WIB dan Sabtu pukul 09.00-14.00 WIB. Transaksi yang dilakukan diluar jam layanan akan kami proses pada jam layanan berikutnya.”

Untuk lebih jelasnya, silahkan dilihat di (https://flip.id/faq)

Selanjutnya, bagi calon pengguna pertama kalinya untuk dapat menggunakan layanan Flip, setiap calon pengguna baru harus melakukan pendaftaran dan verifikasi identitas dirinya dengan mengupload kartu identitasnya sebagai bukti verifikasi yang akan dilakukan oleh Flip.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan yang sudah dibuat dan dijelaskan dengan lengkap disertai gambar yang diberikan oleh Layanan Flip. Anda bisa mengeceknya disini (https://flip.id/tutorial)

Tahukah Anda?

Aplikasi Flip adalah aplikasi yang dibuat oleh 3 orang alumni Mahasiwa Universitas Indonesia (UI). Mereka adalah Ari, Luqman dan Ginanjar.

Diceritakan oleh Ari (Satu dari orang yang penulis sebutkan diatas) dan dikutip oleh penulis dari alamat  http://uiupdate.ui.ac.id/

“Dalam 4 hari pertama, Flip telah memproses hampir 100 transaksi dan terus meningkat sampai hari ini. Dari sebuah ide yang dahulu tidak ada yang mempercayainya, dalam waktu satu bulan, ide tersebut telah membantu ratusan orang menghilangkan biaya transfer antar bank dengan nilai transaksi ratusan juta rupiah.”

Wah hebat ya!  😎

 

Berikut penulis lampirkan printscreen saat penulis juga mencoba layanan Flip

transaksi_kirim_via_flip

proses kirim & konfirmasi

 

tinggal menunggu antrian saja, untuk proses transfer ke rekening tujuan

tinggal menunggu antrian saja, untuk proses transfer ke rekening tujuan

keterangan proses transfer via flip telah berhasil

keterangan proses transfer via flip telah berhasil

Kesimpulan & Manfaat

Flip telah menjadi solusi layanan dalam bentuk aplikasi berbasis web buatan startup lokal karya alumni Mahasiswa Universitas Indonesia yang keren, dengan tidak adanya biaya transfer antar bank, merupakan keunggulan dan manfaat yang patut diunggulkan. Terlebih jika Anda memiliki kegiatan atau bisnis usaha yang sering melakukan transaksi transfer dana antar berbeda bank. Penulis juga memanfaatkan untuk memindahkan dana antara rekening utama ke rekening untuk investasi, seperti investasi dalam bentuk tabungan BTN Perumahan yang pernah penulis bahas disini.

Demikian, jika ada pertanyaan, kritik atau saran dapat dituliskan dikolom komentar dibawah, terimakasih.  😀

 

Sumber Referensi;

  1. https://flip.id/faq
  2. http://uiupdate.ui.ac.id/node/13985
  3. https://flip.id/tutorial

 

 

About the author

BayUjar

Seorang Blogger kelahiran Jogja yang tinggal di Tangerang, Indonesia. Blogger yang juga alumni dari UNTIRTA (Hukum) & Universitas Trisakti (Manajemen) ini, menyukai dunia Informasi & Teknologi. Selain itu juga senang mencoba sesuatu hal yang baru, entah itu sekedar menambah pengetahuan, mencari bahan bacaan, opini suatu produk, mempelajari sejarah, dan jalan-jalan. Kesibukan saat ini selain sibuk bekerja, saat ini mulai mencoba menulis di blog dengan berusaha memuat beragam topik. Untuk kedepannya juga akan membagi tulisan tentang pengalaman, tips & trik semasa kuliah, serta metode kerja kreatif & efisien dalam bekerja. Dalam hal pekerjaan banyak memanfaatkan peranan teknologi informasi komputer (TIK) dengan beragam aplikasi, mulai dari CRM, ticketing, knowledge base & masih banyak lagi. Akhir kata, selamat mencari informasi yang ingin Anda temukan dalam blog ini. Terimakasih

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!